E-mail : desa_tamblang@ymail.com

Suatu Refleksi dan Menanti Sebuah Jawaban

Beberapa waktu ini desa kita Desa Tamblang mendapatkan bantuan sekitar 200 juta rupiah yang diberikan oleh bupati Buleleng. Masyarakat semua pun tahu akan hal itu. Tapi yang terpenting masyarakat tidak hanya tahu berapa besar bantuan yang diterima, lebih dari itu masyarakat hendaknya tahu bagaimana pengelolaan uang tersebut, siapa atau bagaimana pengawasannya. Jangan sampai bantuan tersebut disalahgunakan atau hanya untuk kepentingan beberapa orang saja, tapi harus bisa digunakan untuk kepentingan umum masyarakat desa Tamblang.

Pengawasan pengelolaan keuangan ini sangatlah penting sekali, begitupun penggunaannya perlu dipikirkan dengan baik agar nantinya tidak menimbulkan berbagai macam masalah dikemudian hari. Kita bisa mengambil contoh dari proyek kantor kepala desa yang kini masih mangkrak atau 'ditunda'. Salah satu faktor 'penundaannya' tiada lain adalah masalah keuangan, mungkin karena pengawasan maupun pengelolaannya yang salah atau bagaimana. Apakah dengan memasang papan "kami tunggu partisipasi Anda" semuanya akan menyelesaikan masalah ? Tidak mungkin, kalau partisipasi berupa tenaga maupun suara mungkin saja iya.

Masih banyak sarana umum yang harus dibenahi, seperti jalan menuju SMP maupun SMA. Jalan-jalan untuk kepentingan umum tersebut cepat sekali rusak atau tidak bertahan lama. Apakah ini salah mandor atau siapa? Seharusnya sarana untuk kepentingan umum, terlebih untuk sekolah agar dibuat yang lebih tahan lama sehingga menyenangkan bagi si pengguna.

Kami hanya berharap dan berharap semoga semua masalah ini bisa terselesaikan dengan hati yang bijak, menempatkan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi, desa ini milik kita bersama, kita jaga bersama untuk kita bersama.....

No comments:

Post a Comment