E-mail : desa_tamblang@ymail.com

Tuak Jaka Desa Tamblang

Anak nuunang Tuak (Tuak Jaka)
Tuak Tamblang merupakan salah satu minuman tradisional yang terkenal. Ini saya punya cerita, waktu ditanya asal dari mana, saya bilang dari Tamblang, teman saya itu minta dibawakan tuak Tamblang. Wah ngetop juga yaa. Tentang selera anak muda dengan yang tua terhadap rasa tuak adalah berbeda. Yang muda lebih demen (suka) yang agak manis yang warnanya masih kemerahan dan agak mendidih, ngeronyoh istilahnya yang baru diturunkan dari pohonnya.

Kalau kaum tua itu agak ames bedik, dikasi yang manis mau tapi kebanyakan suka yang agak wayahan. Tuak itu ada bermacam-macam, ada tuak ental juga ada tuak nyuh. Kalau di Tamblang lebih banyak tuak entalnya. Dari pagi sampai sore ada saja penjual tuaknya. Ada yang turun tuaknya di pagi hari dan ada juga sore hari. Tuak yang baru turun itu oleh yang muda dibilang tuak asli karena belum dicampur air oleh penjualnya. Biasalah pedagang pengin untung yang lebih banyak.

Harga rata-rata tuak sebotol tergantung dari kualitas rasa tuak tersebut.. Harga berkisaran dari Rp.1000 untuk tuak yang biasa atau tuak kelas 2, untuk tuak asli atau tuak kels 1 di jual dengan harga Rp. 2000. Minuman tuak ini tergolong minuman keras karena dapat memabukkan, selain itu tuak merupakan sarana dalam upakara sesajen yang ditujukan pada buta kala. Tuak inem, tuak masi munyahin, begitulah kata-kata keluar dari mulut seorang yang anti dengan tuak. Tuak juga sangat bagus bila di minum 1 gelas dalam sehari, yang bisa membuat badan kita tambah segar.

Di hari raya seperti Galungan dan kuningan ataupun hari raya lainnya tuak ini sangat laris manis, belum menjelang tengah hari biasanya dagangan tuaknya sudah ludes terjual, tak jarang orang yang mencari tuak jirikannya (tempat tuak) kosong. (Sugi)




3 comments:

  1. Terima kasih saya ucapkan kepada Reporter TCC Sugi asmana, atas kiriman beritanya, sukses selalu buat anda...

    salam
    www.desatamblang.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Tuak itu enaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkk,enak itu tuaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkk...Rekaman ne nyen ento nah????

    ReplyDelete
  3. tuake ento? enak shi uuuuueeeennnnaaakkkk....sekewale dong je ineme nganti punyah.. oek....oek....

    ReplyDelete