E-mail : desa_tamblang@ymail.com

Pande Besi Desa Tamblang

Pande Besi Desa Tamblang
Pande besi di desa Tamblang ada dua, satu di banjar dinas Kelampuak dan satunya lagi ada di banjar Kaja Kauh tepatnya di sekitar Pimpasan. Kami memilih pande besi yang di banjar Kaja Kauh karena tempatnya lebih dekat dengan pusat desa juga karena terkenal sampai ke desa-desa lain. Nama pande ini sesuai dengan nama juragannya yaitu pande Sarwa. Bapo De Sarwo bekerja dengan anak tertuanya. Tidak sembarang orang bisa menjadi pande kalo bukan dari kawitan Pande, kalau tidak benar mungkin leluhurnya orang-orang Pande pandai mengolah besi ya. Karena hal ini dipercaya dapat berpengaruh pada kualitas dari hasil pande dan kemajuan usaha pande tersebut.

Pande Besi Desa Tamblang
Disebut pande besi karena asal kata pande itu adalah pandai, jadi dapat diartikan bahwa pande besi itu adalah orang yang pandai mengolah besi. Dari besi bisa menjadi pisau, sabit, linggis, dan lain sebagainya. Lempengan besi misalnya dari pir sokbreker mobil atau besi-besi lainnya dipanaskan melalui bara api dari arang sampai berwarna kemerahan kemudian diketok sedemikian rupa hingga berbentuk pisau, sabit, dan lain sebagainya. Terkadang ketokan pande besi ini bisa menjadi irama musik lho. Setelah itu dilanjutkan dengan proses menggerinda (menghaluskan) serta membuat bagian yang tajam. Tahap terakhir adalah memasukkan hasil pande besi tersebut pada gagangnya.
Pande Besi Desa Tamblang
Pande ini tidak dipasangi papan nama (mungkin karena sudah ngetop ya). Kalau orang yang belum tahu bisa tanya sama orang di bengkel dan cuci kendaraan ”Sinar motor” yang letaknya di depan pande ini. Pande ini terletak di lantai II hehe..dibilang begitu karena tempatnya agak di atas seperti dataran tinggi.

Anda mau buat pisau, sabit, cangkul, linggis, atau yang berhubungan dengan besi atau cuma mau menservisnya, Anda bisa langsung datang ke pande Sarwa ini. (Sugi)




4 comments:

  1. terima kasih saya ucapakan kepada Reporter TCC Sugi Asmana atas kiriman beritanya, sukses selalu buat anda...

    salam
    www.desatamblang.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Memang sangat terkenal pande besi ini, mudah2an usahanya maju trus, untuk de pande, ken2 kabare ne, lame ngak jumpe hehehe...
    ok brow sukses selalu....

    ReplyDelete
  3. Om sastiastu,,,, tiang semeton pande dari gulingan mengwi badung.

    ReplyDelete
  4. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete